Senin, 01 Oktober 2012

Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah

Posted by Admin  |  at  Senin, Oktober 01, 2012 2 comments

AQIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA'AH
Dengan Pengantar Ulama Ahlussunnah Terkemuka

Penyusun : Tim Litbang Syahamah
Cetakan I, 27 Rajab 1424 / 24 September 2003

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga tercurah atas Rasulullah, keluarga dan para sahabatnya.

Seiring dengan merebaknya berbagai paham yang menyimpang di kalangan masyarakat kita, seperti tasybih (menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya), takfir (pengkafiran) tanpa alasan, penolakan dan pengingkaran terhadap empat madzhab dan lain-lain, maka pemahaman dan pengajaran aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah harus kembali ditekankan. Karena aqidah ini adalah aqidah mayoritas umat Islam, dari masa Rasulullah hingga kini, aqidah golongan yang selamat (al Firqah an-Najiyah). Karena itulah para ulama empat madzhab menulis berbagai karya, dari mulai tulisan mukhtasharat (ringkasan) hingga muthawwalat (buku-buku besar) dalam menerangkan aqidah Ahlussunnah ini (seperti bisa dilihat dalam kutipan-kutipan buku ini).

Aqidah sunniyyah adalah aqidah yang telah disepakati kebenarannya oleh segenap kaum muslimin di seluruh penjuru bumi. Aqidah inilah aqidah yang telah dibawa oleh Rasulullah dan para sahabat. Aqidah ini kemudian dijelaskan kembali berikut dengan dalil-dalil naqli dan aqli serta bantahan terhadap golongan-golongan yang menyempal oleh dua imam besar; al Imam Abu al Hasan al Asy’ari dan Al Imam Abu Manshur al Maturidi -semoga Allah meridlai keduanya-. Akhirnya pada awal abad IV H Ahlussunnah dikenal dengan nama baru al Asya’irah dan al Maturidiyyah. Mereka adalah mayoritas umat yang tergabung dalam pengikut madzhab empat.

Sesuatu yang patut disayangkan adalah merebaknya pahampaham yang berseberangan dengan aqidah Ahlussunnah dengan klaim sebagai Ahlussunnah. Seperti paham yang mengatakan bahwa Allah bersemayam di atas ‘Arsy atau Kursi (sebagian mereka menyatakan di langit), mengharamkan ziarah kubur, memusyrikkan orang yang bertawassul, menyatakan semua bid’ah (hal yang tidak disebut secara eksplisit dalam al Qur’an dan Sunnah) adalah sesat, dan banyak hal lainnya. Bahkan pada kurun terakhir ini telah timbul paham baru – mengikut paham salah satu sub sekte Khawarij– yang mengkafirkan penduduk suatu negara yang tidak memakai syariat Islam. Mereka mengkafirkan semua orang, baik yang duduk dalam pemerintahan negara tersebut maupun rakyat biasa. Paham-paham inilah yang mulai merebak di masyarakat kita. Paham-paham yang jelas-jelas menyalahi apa yang telah disepakati oleh Ahlussunnah Wal Jama’ah.

Buku ini semoga menjadi penawar bagi kegelisahan– kegelisahan. Kandungan buku ini adalah sesuatu yang telah disepakati kebenarannya di kalangan Ahlussunnah Wal Jama’ah. Referensi yang menjadi rujukannya adalah semua kitab-kitab mu’tabar yang beredar di kalangan Ahlussunnah. Beberapa rekomendasi para ulama kami cantumkan sebagai apresiasi dan persetujuan mereka terhadap isi buku ini yang memang tidak menyimpang sedikitpun dari jalur Ahlussunnah Wal Jama’ah yang secara berkesinambungan diwarisi oleh masyarakat muslim Indonesia dari generasi ke generasi.

Wabillah at-Taufiq .

Lembaga LITBANG
Syabab Ahlussunnah Wal Jama’ah
(SYAHAMAH)
Jakarta, 1 Agustus 2003

Ebook ini ada 2 versi akan tetapi isinya sama persis. Silahkan anda pilih lalu donwload sekarang ebooknya.

DOWNLOAD NOW!!

(Syahamah Press, format PDF - 6,2 Mb)


DOWNLOAD NOW!!
(versi daarulfatwa.au.org, format PDF - 800 Kb)

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

2 komentar:

  1. Minta Izin postingannya kami copy ke http://lbmnu-ngawi.blogspot.com/search/label/Aqidah. Syukron

    BalasHapus
  2. @LBM NU Ngawi:
    silahkan akhi.. disebarkan justru bagus.
    syukron,,

    BalasHapus

Setelah membaca postingan di atas, kami harap para pembaca memberikan komentarnya di kotak yang disediakan dibawah ini. Terimakasih.

© 2013 Pustaka Aswaja. WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top